Rabu, 29 April 2015

Cara Install WordPress di Hosting dengan FTP FileZilla



Cara install WordPress di Hosting dengan FTP Filezilla adalah sebuah cara alternatif lain yang sering dipakai jika web hosting-mu tidak menyediakan software installer seperti Softaculous atau Fantastico. Sering juga disebut sebagai cara install WordPress dengan manual. Metode penginstalan seperti ini sebenarnya tidak susah tetapi yang pasti agak ribet jika anda adalah seorang pemula.
Oleh sebab itu sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah installer seperti Softaculous atau Fantastico tersedia di Cpanel server-mu. Jika ya, maka sebaiknya gunakan installer saja karena jauh lebih sederhana dan instan, hanya beberapa klik saja sudah selesai. Untuk mengetahui langkah-langkahnya lebih lanjut anda bisa melanjutkan di halaman cara install WordPress di hosting dengan Softaculous. Namun, jika anda tidak punya banyak pilihan lain maka silahkan melanjutkan baca halaman ini.
FTP atau singkatan dari File Transfer Protocol adalah sebuah program yang memudahkan anda memindahkan file dalam jumlah besar dari satu komputer ke komputer lainnya lewat internet. Software inilah yang sering dipakai orang untuk memindahkan file besar yang banyak dari komputer ke web hosting server. Jadi tidak semata-mata digunakan untuk penginstalan saja.
Ada banyak ragam FTP popular yang bisa anda pakai seperti Filezilla, FireFTP, CoreFTP dan Cyberduck (khusus untuk Mac). Tetapi saya pribadi merekomendasikan untuk memakai Filezilla saja. Mengapa? Karena selain didukung oleh sebagian besar web hosting server, Filezilla memiliki kapabilitas yang baik dan mudah digunakan oleh siapa saja termasuk para pemula.

Yang Dibutuhkan sebelum Memulai Install WordPress dengan FTP Filezilla

Pertama anda butuh mengunduh WordPress versi terbaru dari WordPress.org terlebih dahulu. Dan jika anda ingin install WordPress dalam Bahasa Indonesia maka unduh filenya di id.wordpress.org. Hubungkan Filezilla dengan hosting server-mu maka segalanya siap untuk dimulai.

Cara install WordPress di Hosting dengan Filezilla

A. Upload file-file WordPress ke hosting server lewat Filezilla
  • Unzip terlebih dahulu file-file WordPress yang telah anda unduh tadi ke dalam sebuah folder di komputer anda.
  • Tentukan terlebih dahulu di mana anda ingin menginstal WordPress anda. Jika anda ingin WordPress diinstall di domain utama mis: http://domainmu.com maka upload file-file tadi kedalam direktori /public_html/ . Dan jika anda ingin install WordPress di subdirektori mis: http://domainmu.com/blog/ maka buat terlebih dahulu subdirektori yang bernama blog di direktori public_html, setelah itu upload semua file-file tadi kedalam /public_html/blog/ .

Cara install WordPress di hosting dengan Filezilla
B. Membuat Database
  • Setelah selesai upload file-file WordPress ke hosting server, maka langkah selanjutnya adalah membuat Database. Buka Cpanel (Control Panel) servermu, cari dan klik MySQL Databases Wizard. Disini anda akan dipandu mengisi semua informasi untuk membuat sebuah Database baru lengkap dengan Database User yang memiliki hak akses dan merubah database tersebut. Ikonnya berbentuk seperti dibawah ini. Jika anda bingung dengan langkah demi langkahnya maka klik video tutorial yang berada di kiri atas sebagai panduan. Tidak susah. Yang terpenting di bagian All Privileges jangan lupa centang semuanya.

MySQL Database
C. Menginstall WordPress
  • Setelah Database dibuat maka sekarang buka browser anda dan ketikkan URL dimana file WordPress tadi di upload. Jika di domain utama maka ketiklah http://domainmu.com, tetapi jika di subdirektori blog maka ketik http://domainmu.com/blog/ dan tekan enter.
  • Berikut akan muncul tampilan seperti dibawah yang menjelaskan tidak ditemukan wp-config.php dan harus dibuat terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan WordPressmu. Kliklah Create a Configuration File.

Cara menginstal WordPress di Hosting dengan filezilla
  • Anda akan dibawa ke tampilan yang meminta persyaratan untuk membuat wp-config. Kalau anda mengikuti semua langkah cara install wordpress dengan manual ini dari awal maka semua persyaratan ini telah terpenuhi. Klik Let’s go!
  • Di tampilan berikut, isilah semua kolom dengan informasi MySQL Database yang anda buat barusan. Setelah lengkap klik submit. Bila semuanya benar anda akan dibawa ke tampilan yang menjelaskan instalasi database berhasil dan akan berlanjut ke instalasi administratif WordPress, cukup klik saja Run the install.

Cara install WordPress manual
  • Tampilan selanjutnya adalah mengisi informasi administratif anda sebagai admin WordPress. Beri nama keren untuk akun admin anda dan beri nama untuk situs anda (bisa disamakan dengan nama domain). Isi email anda, buat password yang kuat dan centang bagian privacy. Kemudian tarik satu nafas yang dalam dulu baru kliklah Install WordPress.

Cara instal WordPress manual
  • Selamat WordPress telah terinstal dengan sukses di Hosting-mu. Isi username dengan nama keren yang barusan anda buat beserta passwordnya kemudian klik Log In maka anda akan dibawa masuk ke panel admin WordPress-mu.

Cara menginstal WordPress manual
Cara menginstal WordPress manual seperti ini bisa dipakai untuk menginstal WordPress dalam Bahasa Indonesia juga. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar